KeislamanKhazanah

10 Waktu Terkabulnya Do’a

Doa adalah kebutuhan. Bahkan, doa induknya ibadah. Namun, tak sedikit di antara kita yang kurang memanfaatkan waktu untuk berdoa. Padahal, waktu-waktu tersebut adalah waktu dikabulkannya doa. Berikut 10 waktu dikabulkannya doa:

  1. Sesudah shalat fardhu

Rasulullah Saw. pernah ditanya,”Ya Rasulullah, manakah doa yang paling didengar oleh Allah?” Beliau menjawab,“Doa pada tengah malam dan doa setelah shalat wajib” (HR Al-Tirmidzi).

  1. Saat Bahagia

Rasulullah Saw. bersabda,“Barang siapa ingin doanya dikabulkan Allah saat dalam kesulitan, hendaklah ia memperbanyak doa pada waktu senangnya” (HR Al-Tirmidzi dan Al-Hakim)

  1. Saat sujud

Nabi Saw, bersabda,”Saat yang paling dekat antara hamba dengan Tuhannya adalah ketika sujud. Maka perbanyaklah doa pada saat tersebut” (HR Muslim)

  1. Saat berpuasa

Rasulullah Saw. bersabda,”Tiga golongan yang tidak ditolak doanya, yaitu orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan orang yang teraniaya” (HR Muslim)

  1. Momen antara azan dan iqamah

Rasulullah Saw. bersabda,”Doa yang dipanjatkan antara azan dan iqamah tidak akan ditolak” (HR Al-Tirmidzi)

  1. Hari jumat

Rasulullah Saw. pernah menyebut tentang Hari Jumat, lalu beliau bersabda,”Pada Hari Jumat ada satu momen yang apabila pada saat itu ada seorang Muslim berdiri shalat dan berdoa kepada Allah, Allah akan memberinya (apa yang ia minta).” Rasulullah Saw. kemudian mengisyaratkan dengan tangannya menyedikitkan saat tersebut (HR Al-Bukhari dan Muslim)

  1. Saat turun hujan

Sahl ibn Sa’ad menuturkan bahwa Rasulullah Saw. bersabda,”Dua doa yang tak pernah ditolak: doa pada waktu azan dan doa pada waktu turun hujan” (HR Al-Hakim dan disahihkan oleh Al-Albani)

  1. Ketika berbuka puasa

Abdullah ibn Amr ibn Al-Ash r.a. menuturkan bahwa Rasulullah Saw. bersabda,”Sesungguhnya doa orang yang berpuasa pada saat berbuka tidak akan ditolak” (HR Ibn Majah)

  1. Doa seorang Muslim terhadap saudaranya

Abu Al-Darda r.a. menuturkan bahwa Nabi Muhammad Saw. bersabda,”Tidaklah seorang Muslim berdoa untuk saudaranya yang tidak ada di hadapannya, kecuali ada seorang malaikat yang ditugaskan berkata kepadanya, ‘Amin, dan bagimu seperti yang kau doakan’” (HR Muslim)

  1. Saat perang berkecamuk

Sahl ibn Sa’ad r.a. menuturkan bahwa Rasulullah Saw. bersabda,”Ada dua doa yang tidak tertolak atau jarang tertolak; doa pada saat azan dan doa tatkala perang berkecamuk” (HR Abu Dawud yang disahihkan oleh Al-Nawawi dan Al-Albani)

Nah, itulah 10 waktu atau momen dikabulkannya doa. Semoga, dengan mengetahui waktu dikabulkannya doa tersebut kita lebih arif dalam memaksimalkan waktu sehari-hari untuk bermunajat kepada Allah Swt. *)Hasanisme

Diolah dari buku Doa-Doa untuk Muslimah: Lebih Dekat dan Mesra Bersama Allah karya Sita Simpati

” pernah terbit di islami.co

Related posts
Khazanah

KEUTAMAAN BULAN DZULHIJJAH

Khazanah Darmediatama – Bulan Dzulhijjah meruapakan salah satu bulan yang di istimewakan Alloh…
Read more
Khazanah

Batas Akhir Memotong Kuku dan Memangkas Rambut Bagi Yang Mau Berqurban

Batas Akhir Memotong Kuku dan Memangkas Rambut Bagi Yang Mau Berqurban; Khazanah Darmediatama…
Read more
KeislamanKhazanah

Ya Allah, Kenapa Doaku Belum Juga Dikabulkan?

“Saya berdoa setiap hari. Tapi belum dijawab juga doa saya. Jadi males berdoa lagi…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter

Sign up for Khazanah’s Daily Digest and get the best of Khazanah Media, tailored for you.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *