Ensiklopedi

Kisah Jose Mujica yang Pernah dijuluki Presiden Termiskin di Dunia

Khazanah Darmediatama, Sudah menjadi keluhan banyak orang bahwa gaya hidup politisi jauh sekali dari pemilihnya. tapi tidak demikian dengan tokoh uruguay yang satu ini.

Jose nama lengkapnya Jose Alberto Mujica cordano, mantan presiden uruguay yang tinggal di rumah reyot dan mendonasikan 90% gajinya. pakaian pakaian di jemur bergantungan di luar rumah. sumber air di dapat dari sumur dari halaman yang ditutupi oleh ilalang. hanya dua petugas kepolisian dan manuela, anjing berkaki tiga yang menjaga rumahnya.

Seperti itulah gaya hidup dan kondisi rumah beliau, yang berbeda jauh drastis dengan kebanyakan pemimpin negara di dunia pada umumnya, dia menolak fasilitas rumah mewah dari pemerintah uruguay dan memilih tinggal di rumah sederhana bersama istrinya di sebuah perkebunan, di pinggiran kota montevidio uruguay.

Mujica dan istri bekerja menggarap kebun sendiri. gaya hidup sederhana dan fakta bahwa mujica mendonasikan sekitar 90% gajinya itu atau US$12 ribu untuk amal, membuatnya mendapat julukan presiden termiskin di dunia.

“Saya hidup seperti ini hampir seumur hidup saya. saya hidup dengan baik dengan apa yang saya punya,” ujarnya, seperti di kutip dari laman BBC.

Donasi amal yang di berikan untuk warga miskin dan pengusaha kecil, membuat rujica memiliki penghasilan sama dengan rata rata rakyat uruguay, yakni Rp 775 sebulan saat itu. dari laporan kekayaan pribadi tahunannya US$1.800(sekitar Rp 26 juta dengan kurs saat ini Rp 14.600per US$.

Sebelum terpilih pada tahun 2009, mujica sepanjang 1960-an hingga 1970-an menjadi bagian dari gerakan gerilyawan dan menglami kehidupan s di penjara. sementara itu, pada agustus lalu, mujica mengundurkan diri dari senator yang akan berakhir pada tahun 2020 tahun sekarang.dia molak uang pensiun, dan dia mengaku lelah melakukan perjalanan jauh.

Dan alhamdulillah tepatnya tahun 2018 silam, jose mujica mengucap dua kalimat syahadat memeluk islam..

Sebuah inspirasi perjalanan hidup yang mulia..sangat sulit dan jarang seorang pemimpin bangsa berahklak mulia seperti beliau

Related posts
Ensiklopedi

5 Negara Paling Lama Jam Berpuasa Di Dunia

KHAZANAH – Kita sebagai muslim yang tinggal di Indonesia hanya perlu menjalani puasa kurang…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter

Sign up for Khazanah’s Daily Digest and get the best of Khazanah Media, tailored for you.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *