Artikel

Menteri Jujur dan Paling Miskin di Indonesia

Menteri Jujur dan Paling Miskin di Indonesia

Ir. Sutarmi Adalah Menteri pekerjaan Umum dan tenaga listrik di era presiden soekarno dan soeharto. karena terkenal kesederhanaannya, Sutami terkenal sebagai menteri termiskin di indonesia.

Sutarmi bukanlah menteri yang berasal dari partai. Dia seorang insinyur yang kemudian menjabat dalam bidang yang ia kuasai. Kabinet berganti mulai dari kabinet Dwikora I, II kabinet ampera, hingga kabinet pembangunan, Sutarmi tetap menjabat menteri yang sama, bahkan ketika presidennya berbeda.

Ir. Sutarmi, menteri termiskin di indonesia dengan karya yang penomenal, Hidup sederhana hingga atap rumah yang bocor dan takut ke rumah sakit, hidup sutarmi cukup miris, meski 14 tahun jadi menteri, kondisi terburuk setelah ia tak lagi jadi menteri. Dia kesulitan biaya untuk beribat saat sakit, kondisi rumah yang sangat sederhana dan memprihatinkan, atap rumah sutarmi banyak yang bocor. kondisi tersebut di ungkapkan oleh staf ahli menteri PU. Hendropranoto suselo. dalam edisi khusus 20 tahun majalah prisma yang Di terbitkan LP3ES tahun 1991 di jakarta.

Ketika sedang menjabat menteri PU dan Tenaga listrik, Saat hari raya idulfitri, rumah sutami banyak di kunjungi tamu, dan para tamu terkejut melihat kondisi rumah menteri yang enam kali menjabat sebagai menteri Pekerjaan Umum. Tak hanya itu, sutami pernah kekurangan hingga telat bayar listrik. bahkan PLN pernah mencabut listrik rumah pribadi nya di solo, padahal kala itu ia masih menjabat menteri era itu. ia pernah takut di rawat di rumah sakit, pasalnya, dia tak punya uang untuk bayar rumah sakit. baru setelah pemerintah turun tangan, sutami mau juga di opname. presiden soekarno kerap mengjenguk sutami ke rumah sakit. soeharto pula yang meminta sutarmi untuk berobat ke luar negeri. sutami meninggal dunia pada 13 november 1980, yaitu di usia 52 tahun, dia menghembuskan nafas terakhir akibat penyakit liver.

Saat lengser tahun 1978, dia mengembalikan seluruh fasilitas negara. kemudian seorang pengusaha berniat memberinya mobil, pengusaha itu tahu bahwa mobil dinasnya sutami ikut di kembalikan, tapi sutami menolaknya dengan halus, dia hanya meminta sedikit diskon saja sama pengusaha tersebut, sutami tidak pernah tergoda dengan korupsi, penampilan dan tindakannya tetap bersahaja, Ir. sutami sama sekali tidak pernah bermewah mewahan. bahkan rumahnya yang di jalan imam bonjol, jakarta pusat di beli dengan cara menyicil. baru saat akan pensiun, rumah itu lunas. sutami tak pernah mau menggunakan fasilitas negara secara berlebihan.

Ir. sutami sosok menteri yang sederhana, namun dia menteri yang banyak menorehkan sejarah yang gemilang di bidang pembangunan infrastruktur, proyek proyek raksasa sukses di bawah pengawasannya. diantaranya. jembatan semanggi, gedung Dpr, waduk jatiluhur, dan proyek pembangunan bandara ngurah rai bali.

Atas prestasi itu, presiden soeharto meresmikan bendungan karangkates, sumberpucung, kabupaten malang, Pada 16 Desember 1981. saat soeharto membacakan pidato penghormatan untuk sutami. Dia pun memberi nama bendungan karangkates sebagai nama bendungan sutami.

Related posts
Artikel

Kisah Tjokroaminoto, Guru Enam Tokoh Indonesia

Kisah Tjokroaminoto, Guru Enam Tokoh Indonesia – Bergelar De Ongekroonde Van java atau &#8221…
Read more
Artikel

"PESAN KIASAN"

Orang komunikasi akan dengan mudah menangkapnya. Tak perlu pemaknaan dan pendalaman. Cukup kutip…
Read more
Artikel

Bingkai Keabadian

Ratap itu merayap, Menyelinap diantara ari ari malam, Membungkus kekalutan emosi menjadi serupa…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter

Sign up for Khazanah’s Daily Digest and get the best of Khazanah Media, tailored for you.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *